coleennolan.comcoleennolan.com

'Dunia komedi telah berubah': bagaimana komik aneh membuat jejak mereka di Amerika

19 December 2019 / Budaya
'Dunia komedi telah berubah': bagaimana komik aneh membuat jejak mereka di Amerika

Dua puluh lima tahun yang lalu, Lea DeLaria menjadi komik gay pertama yang muncul di televisi Amerika ketika dia tampil di The Arsenio Hall Show. “Ini tahun 1990-an,” katanya dengan penuh semangat. “Sangat aneh untuk menjadi aneh, dan aku seorang pecandu bi-iii-ig!” Pada saat homofobia merajalela, memaksa komik aneh untuk lalu lintas dalam sindiran ketika membahas seksualitas mereka di panggung, DeLaria dan stand-stand lainnya seperti Kate Clinton dan Scott Thompson secara radikal terus terang dan politis, kadang-kadang dengan biaya sendiri. Di Arsenio, di mana ia diundang kembali dua kali lebih banyak tahun itu, DeLaria, yang sekarang memerankan Carrie “Big Boo” Black di Netflix’s Orange adalah New Black, mengucapkan kata-kata gili, cerutu, dan aneh 47 kali dalam empat menit. “Saya tidak baru saja membuka pintu lemari,” kenangnya kepada Guardian. “Aku benar-benar menghancurkan pintu itu dengan obor.”

Hanya beberapa tahun sebelumnya, di tengah-tengah krisis Aids, Jaffe Cohen dari trio komedi inovatif Funny Gay Males, yang sering muncul di Joan Rivers Show, suka membuka set-nya dengan menyebut dirinya sebagai “setengah Yahudi dan setengah gay” “, Atau” shlomo-seksual “, seperti lelucon. Tetapi ketika dia menyampaikan kalimat di sebuah klub komedi di Queens, pembawa acara menghapus mikrofonnya, seolah-olah pria gay menular. “Itu mengerikan,” kenang Cohen. “Penonton tertawa mendengarnya.”

Tapi generasi komik aneh hari ini, setelah menyerbu melalui pintu yang ditinggalkan oleh DeLaria dan teman-temannya, tidak lagi menjadi bahan lelucon. Dan komedi standup, untuk waktu yang begitu lama dipertahankan oleh orang kulit putih lurus, sedang dirancang ulang menurut gambar mereka.

“Generasi saya adalah yang pertama yang dapat berbicara tentang kehidupan kita dengan cara yang normatif tetapi juga dapat diakses,” kata Cameron Esposito, seorang standup yang spesial pertamanya, Rape Jokes, memulai debutnya akhir bulan ini. “Sepuluh tahun yang lalu ketika saya mulai, saya selalu bisa keluar, tetapi hanya karena sekelompok orang melakukannya sebelum saya sampai di sana.”

“Orang-orang” itu, seperti DeLaria, Clinton, Scott Thompson, dan Karen Williams, tampil di hotbeds komedi aneh seperti Providence dan San Francisco pada awal 1980-an. Orang-orang sezaman mereka, seperti Ellen DeGeneres dan Wanda Sykes, tetap tertutup lebih lama, sampai mereka mengalami kesuksesan dalam arus utama. Meskipun begitu, ketika DeGeneres muncul di sampul majalah Time, komik aneh sering malu-malu atau eufemistik dalam pendekatan mereka terhadap seks, dipaksa untuk mengelilingi ketidaknyamanan audiensi langsung mereka. Mereka mengadopsi persona – seperti karakter Scott Thompson Buddy Cole dari acara komedi sketsa Kanada Kids in the Hall – dengan kedok di mana mereka bisa lebih berani. Dan orang-orang lesbian yang berdiri seperti Donna McPhail dan Rhona Cameron akan lebih dulu menyenangkan diri mereka sendiri dengan audiensi, menjatuhkan “kata-L” di tengah-tengah set mereka.

Pada saat yang sama, lelucon homofobik adalah catnip untuk komedian langsung seperti Andrew Dice Clay, Sam Kinison dan Eddie Murphy, yang pada 1983 standup spesialnya Delirious mengatakan kepada “homo” di antara hadirin untuk tidak melihat pantatnya di atas panggung. Jika, hari ini, orang-orang gay kurang sering menjadi sasaran dalam komedi arus utama, seks gay masih secara teratur diejek, seperti ketika Jimmy Kimmel mengejek Sean Hannity karena menjadi “bawahan” Donald Trump dan Stephen Colbert menyebut “sarung ayam” mulut presiden Vladimir Putin sebagai “sarung ayam”. Selain menjadi reduktif dan tidak terlalu lucu, “lelucon” membuktikan bahwa materi anti-gay yang malas masih rendah untuk banyak komik lurus. Standup, DeLaria percaya, “adalah benteng terakhir homofobia dan seksisme”, sebuah wilayah di mana secara terbuka menyatakan prasangka seseorang diterima dengan tawa bukannya ejekan.

“Ada keinginan untuk memasarkan gambar yang menarik bagi orang-orang lurus, dan apa yang menarik bagi orang-orang lurus adalah kesederhanaan,” kata Cohen, yang sesama Funny Gay Male Bob Smith menjadi komik gay pertama di The Tonight Show pada tahun 1994. “Anda bisa baik menjadi RuPaul, seorang drag queen 6ft 3in, sesuatu yang bisa dipahami orang. Atau Anda bisa menjadi Bob Smith, yang tidak memiliki pengaruh gay. Tapi masyarakat lurus di tahun 90-an tidak terlalu tertarik untuk mengetahui siapa kita sebenarnya. ”

Tanpa banyak preseden untuk komik gay arus utama yang bekerja dalam gaya pengakuan yang menjamur dengan munculnya komedi alt, standup aneh hari ini mewakili sesuatu dari pemberontakan melawan komedi yang sangat lurus dan kompleks kemurniannya juga. Di klub dan bar, wadah komedi live, lineup masih secara teratur menampilkan segelintir komik putih lurus, ditambah token minoritas. Oleh karena itu, banyak pelawak aneh telah menempa jalan yang berbeda, membumbui standup mereka dengan lagu dan tarian, komedi sketsa, karya karakter, trivia dan parodi dengan cara yang menekankan kepekaan aneh aneh yang sering diredam oleh kiasan yang disucikan oleh standup.

Related Post to 'Dunia komedi telah berubah': bagaimana komik aneh membuat jejak mereka di Amerika

Lagu tanpa pertunjukan: lagu-lagu dipotong dari musikal, dari Follies hingga Hamilton
9 October 2019

Lagu tanpa pertunjukan: lagu-lagu dipotong dari musikal, dari Follies hingga Hamilton

Ketika Hamilton dibuka di London tahun lalu, banyak di antara hadirin sudah tahu lagu-lagunya luar. Rekaman Broadway tahun 2015 dari pukulan keras Lin-Manuel Miranda - tentang ayah pendiri AS yang...

Bryn Terfel, Sarah Kane dan kesempatan untuk prom: musim 2015-16 Royal Opera House
16 August 2019

Bryn Terfel, Sarah Kane dan kesempatan untuk prom: musim 2015-16 Royal Opera House

Dalam musim dengan delapan produksi opera baru, termasuk dua pemutaran perdana dunia, empat pemutaran perdana Royal Ballet dunia dan dua perbaikan besar karya-karya abad ke-20, mungkin yang paling terkenal pertama...

Terlalu bangun? Tidak - Dokter yang lebih ofensif dari sebelumnya
28 August 2019

Terlalu bangun? Tidak – Dokter yang lebih ofensif dari sebelumnya

Doctor Who kembali minggu lalu bersama lain terlebih dahulu: pengecoran Sacha Dhawan sebagai orang pertama warna untuk bermain musuh lengkungan Dokter, Guru. Keputusan itu secara luas disambut dengan pujian, tetapi...

Selamat tinggal Lena Dunham! Mengapa John Early adalah raja baru komedi milenial
27 October 2019

Selamat tinggal Lena Dunham! Mengapa John Early adalah raja baru komedi milenial

Dalam salah satu episode terakhir dari seri misteri pembunuhan subversif Search Party, karakter John Early yang sangat fantastis, Elliott, memiliki epifani. Dia duduk di meja penerbit bukunya dan berbicara di...

Tulang-tulang lucu berjalan dalam keluarga saat pinggiran menjadi tuan rumah bagi dinasti komik
27 October 2019

Tulang-tulang lucu berjalan dalam keluarga saat pinggiran menjadi tuan rumah bagi dinasti komik

Di antara banyak suara yang meledak di tempat komedi bulan depan selama festival pinggiran Edinburgh, beberapa suara akan terdengar asing. Mungkin aksennya, gaya penyampaiannya atau bahkan kecepatan dari lelucon yang...

Categories

Copyright © 2020 coleennolan.com. Reproduction without explicit permission is prohibited. All Rights Reserved.